• Senin, 25 September 2023

Perubahan Jadwal Kereta Api, Awal Juni 2023, Waktu Tempuh akan Lebih Efisien

- Jumat, 26 Mei 2023 | 18:10 WIB
Mulai awal Juni 2023 akan diberlakukan perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api. (ist)
Mulai awal Juni 2023 akan diberlakukan perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api. (ist)

BANDUNG, Tajuk24.com- Mulai awal Juni 2023 akan diberlakukan perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api.

Untuk mempersiapkan hal itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 mengecek jalur kereta lintas selatan Jawa Barat, mulai dari Stasiun Bandung hingga Stasiun Banjar.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Mahendro Trang Bawono mengatakan fokus inspeksi yang dilakukan meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya.

"Hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan seluruh lintas saat diberlakukannya Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023. Serupa dengan persiapan saat Angkutan Lebaran maupun Angkutan Natal dan Tahun Baru," kata Mahendro di Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga: Bank BCA Buka Pendaftaran Beasiswa 2024 Untuk Lulusan SMA dan SMK, Ini Persyaratannya!

Dia mengatakan pihaknya juga membina seluruh pekerja di lintas jalur selatan itu agar selalu waspada serta mempersiapkan dengan baik terkait operasional KA serta pendukungnya.

Sebabnya, kata dia, perubahan jadwal kereta itu akan menimbulkan peralihan.

Mahendro menjelaskan, Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Pemberlakuan Gapeka 2023, menurutnya menyebabkan perubahan jadwal keberangkatan, stasiun pemberhentian, dan penomoran KA pada sebagian besar KA baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang beroperasi di wilayah Daop 2 Bandung.

Baca Juga: Penetapan 4 Situs Geopark Indonesia dalam Jaringan UNESCO Global Geoparks, Perkuat Promosi Parekraf Tanah Air

Sementara itu, EVP Daop 2 Bandung Takdir Santoso mengatakan pemberlakuan Gapeka 2023 berdampak pada efisiensi waktu tempuh perjalanan KA, sehingga jadwal keberangkatan dan kedatangan KA juga ikut mengalami perubahan.

Menurutnya, Gapeka 2023, menghasilkan efisiensi waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh keberangkatan wilayah Daop 2 Bandung sebesar total 214 menit per hari.

Rinciannya, kata dia, efisiensi 40 menit pada KA Argo, 38 menit pada KA Eksekutif, 74 menit pada KA Eksekutif Campuran, dan 62 menit pada KA Ekonomi.

"Dengan adanya perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, kami mengimbau para pelanggan agar memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan KA pada saat akan melakukan pemesanan maupun pembelian tiket," jelas Takdir. (LN/Tajuk24, sumber: antaranews.com).

Baca Juga: Seorang Lansia di Kamboja Tewas Setelah Terjatuh ke Kandang Buaya, Tubuhnya Tercabik-cabik

Baca Juga: Kunci Jawaban Tantangan Harian Tebak Kata Shopee Hari Ini 26 Mei 2023, Yuk Intip!

Editor: Gunawan Wibisono

Tags

Terkini

Ada Peluang Besar Ekspor Porang ke Arab Saudi

Rabu, 14 Juni 2023 | 19:47 WIB
X