• Senin, 25 September 2023

Mahfud Menghadap Presiden, Memberi Laporan Selaku Plt Menkominfo

- Selasa, 23 Mei 2023 | 10:48 WIB
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat siang ini, Senin, 22 Mei 2023 (ist)
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat siang ini, Senin, 22 Mei 2023 (ist)

JAKARTA, Tajuk24.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat siang ini, Senin, 22 Mei 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Mahfud yang kini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Kominfo menceritakan detail kasus korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS) milik Badan Aksesibilitas Telekomunikai dan Informasi atau Bakti Kominfo yang menjerat Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate.

Mahfud mengatakan presiden memberikannya tugas khusus untuk mengusut kasus tersebut.

"Untuk tugas khusus menyangkut BTS itu saya melaporkan berdasar hasil dokumen dan analisis yang saya peroleh," kata Mahfud di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin.

Baca Juga: Bill Gates Terlibat Skandal, Ternyata Mila Antonova Ingin Memeras Sang Multi Miliarder

Mahfud Md menjelaskan, dari hasil analisanya terhadap kasus ini, diketahui proyek BTS mulai bermasalah pada tahun anggaran 2020. Menurut Mahfud, proyek senilai Rp 28 triliun lebih itu awalnya berjalan lancar saja pada periode 2006 - 2019.

"Muncul masalah sejak anggaran tahun 2020, yaitu ketika proyek senilai Rp 28 sekian triliun itu dicairkan dulu sebesar Rp 10 koma sekian triliun pada tahun 2020-2021," kata Mahfud.

Tetapi, ketika laporan tentang proyek dan penggunaan dananya harus dipertanggungjawabkan pada Desember 2021, Mahfud menyebut tower BTS Bakti Kominfo itu tidak ada. Kominfo pada saat itu beralasan pembangunan tower BTS terkendala pandemi Covid-19 dan minta perpanjangan sampai Maret 2022.

Baca Juga: Api di Bukit Menoreh, Jilid 9 episode 25, Tiga bayangan itu Kiai Gringsing dan dua muridnya

"Seharusnya itu tidak boleh secara hukum, tapi diberi perpanjangan 21 Maret untuk itu," ujar Mahfud.

Mahfud menyebut laporan tentang kronologi kasus korupsi BTS ini sudah disampaikan ke Jokowi. Ia menyebut kasus ini juga sama sekali tidak ada kaitannya dengan politisasi.

"itu soal uang negara dan ada undang-undangnya. Kejaksaan Agung juga ingin dan sudah kami dorong agar ini diselesaikan sebagai maslah hukum semata-mata," kata Mahfud.

Terakhir, Mahfud menyampaikan presiden meminta kepada para pegawai di Kemenkominfo untuk terus bekerja seperti biasa. Untuk saat ini Mahfud bakal menahkodai kementerian tersebut sampai ditunjuknya pegawai definitif.

Baca Juga: Bu Kek Siansu Bab 8.26, Jendral An Lu San Sebagai Anak Angkat Selir Kesayangan Kaisar Ben Ong

"Jadi kasus ini akan berlanjut dan saya besok akan segera melantik 4 pejabat Eselon I yang baru di kantor Kemenkominfo," kata Mahfud.

Halaman:

Editor: Gunawan Wibisono

Tags

Terkini

ANAK ERICK THOHIR: PAPA DIAM-DIAM SUKA DANCE KPOP!

Senin, 25 September 2023 | 10:49 WIB

Paslon Anies-Imin Bisa Bubar!

Minggu, 24 September 2023 | 20:17 WIB
X