• Minggu, 2 Oktober 2022

Mendagri Tito Karnavian Ikut Terseret Kasus Lukas Enembe. Kawan Lama, Kata Tito

- Kamis, 22 September 2022 | 12:51 WIB
Kolase foto Lukas Enembe dan Tito Karnavian
Kolase foto Lukas Enembe dan Tito Karnavian

Jakarta,Tajuk24.com - Penetapan Lukas Enembe sebagai tersangka oleh KPK membuat dirinya disorot banyak pihak termasuk kedekatannya dengan Mentreri Dalam Negri Tito Karnavian.

Dikutip dari Disway.id, Nama Tito Karnavian terseret kasus Gubernur Papua Enembe, di mana Mendagri mengatakan bahwa sang Gubernur merupakan sahabat lamanya.

"Mohon maaf ini sedikit karena menjawab di sesi sebelumnya karena ditanyakan dan saya anggap penting menjawab, yaitu adanya video dari pengacara bapak Lukas Enembe yang sampaikan bahwa merasa dikriminalisasi merasa dipolitisasi, dan menyebut-nyebut nama saya," katanya kepada awak media.

"Saya sampaikan di sini, karena saya tidak ingin doorstop. Doorstop nanti dipotong. Saya khawatirnya di situ, sering saya lakukan. Kasus Pak Lukas Enembe sama sekali tidak ada hubungannya dengan Kemendagri. Saya sampaikan, itu murni,"

Baca Juga: Kekayaan Gubernur Papua Lukas Enembe Melonjak dari 1 Milyar menjadi 113 Milyar dalam Setahun

Mendagri mengungkapkan bahwa dulu berhubungan baik dengan Lukas Enembe, namun, terkait permasalahan hukum dirinya tidak ingin ikut campur.

"Saya juga sudah sampaikan, saya sebetulnya sudah berhubungan baik dengan Lukas Enembe yang merupakan sahabat lama saya. Tetapi kalau masalah hukum, saya tidak bisa ikut campur," ungkapnya.

Dijelaskannya, terkait temuan uang di rekening Enembe memang temuan dari sistem perbankan dan sudah dicek pihaknya ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Saya sampaikan yang bertanya kepada kami bahwa itu murni dari temuan sistem perbankan. Sistem perbankan itu kami sudah cek juga ke PPATK, yaitu adanya di dalam rekening yang bersangkutan adanya uang yang tidak sesuai dengan profile dan ini tentu akan mengalert sistem perbankan. Dilaporkan pasti ke PPATK. Dan PPATK melakukan pendalaman," jelasnya.

Halaman:

Editor: Beny Rusmawan

Tags

Terkini

KPK Didesak Jemput Paksa Lukas Enembe

Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:10 WIB

Cerita Saksi Mata Tragedi Ricuh di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:13 WIB

Update Korban Tewas Rusuh di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:41 WIB
X