• Minggu, 2 Oktober 2022

Citayam Fashion Week Fenomena Sosial Budaya, Klimaks Sebelum Waktunya

- Jumat, 23 September 2022 | 14:15 WIB
Citayam Fashion Week
Citayam Fashion Week

JAKARTA, Tajuk24.com- Poppy Dharsono mengatakan bahwa Citayam Fashion Week merupakan sebuah fenomena sosial budaya dan bukan representatif dari industri fesyen.

Menurutnya, Citayam Fashion Week adalah cara para muda-mudi untuk mengekspresikan kegalauan mereka setelah dua tahun berdiam di rumah karena pandemi. Sebab itu, mereka membutuhkan tempat untuk menghibur dirinya.

“Citayam Fashion Week itu sebuah fenomena kebersamaan yang luar biasa dari putra putri kita yang setelah dua tahun mereka tidak bisa ke mana-mana,” katanya kepada Jawa Pos, saat dijumpai di Jakarta, Kamis (22/9).

Menurut Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini, akhirnya yang mereka lakukan ketika pembatasan sosial sudah dilonggarkan, maka mereka naik kereta dari Citayam, Jawa Barat ke Dukuh Atas, Jakarta.

Baca Juga: Pengacara Yosep Parera Merasa Jadi korban Sistem Hukum yang Serba Setor Duit

“Begitu spontannya mereka memakai kesempatan itu untuk mengekspresikan kegalauannya. Mereka ingin tempat, mereka ingin berkreasi, mereka ingin menghibur dirinya sendiri dengan fesyen yang ada, tetapi menjadi tren untuk mereka,” jelasnya.

Poppy juga menjelaskan bahwa Citayam Fashion Week bukanlah representatif dari industri fesyen yang ada di Indonesia. Namun, fenomena tersebut merupakan fenomena sosial budaya karena pandemi.

“Terus terang itu bukan representatif dari industri fesyen yang ada di Indonesia seperti Harajuku di Jepang, tetapi saya melihat lebih kepada fenomena sosial budaya karena pandemi. Dan karena kebutuhan dari anak-anak muda untuk memiliki tempat di mana mereka bisa berekspresi,” ujarnya.

Tanggapan yang berbeda diutarakan desainer Musa Widyatmojo, dia menyayangkan bahwa akhirnya Citayam Fashion Week klimaks sebelum waktunya.

Baca Juga: Uang Untuk Hakim Agung Dimyati Ditaruh Dalam Kamus Bahasa Inggris

Halaman:

Editor: Gunawan Wibisono

Tags

Terkini

KPK Didesak Jemput Paksa Lukas Enembe

Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:10 WIB

Cerita Saksi Mata Tragedi Ricuh di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:13 WIB

Update Korban Tewas Rusuh di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:41 WIB
X