• Sabtu, 3 Desember 2022

Indonesia Terancam Sanksi FIFA Akibat Tewasnya Sekitar 174 Suporter

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:47 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, Tajuk24.com - Sejumlah regulasi dilanggar saat insiden berdarah usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 2022, Sabtu (1/10/2022) malam. Akibatnya Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari FIFA.

Setelah Arema FC selaku tuan rumah menderita kekalahan 2-3 dari musuh bebuyutannya itu, kerusuhan pun pecah di Stadion Kanjuruhan, Malang. Seketika ratusan suporter atau Aremania tumpah ruah ke tengah lapangan.

Dilansir dari SindoNews, keadaan makin kacau saat para suporter itu bentrok dengan pihak keamanan dari unsur TNI-Polri yang mencoba membuyarkan massa. Aksi baku hantam antara pihak keamanan dan suporter pun tak terelakkan.

Kondisi kian mencekam ketika pihak kepolisian mulai menembakkan gas air mata ke salah satu sisi tribun. Diinfokan, darisana lah banyak suporter yang terinjak-injak hingga kehabisan nafas. Akhirnya, menurut laporan terbaru hingga peristiwa ini terjadi telah menewaskan sekitar 174 orang. Ratusan korban lainnya masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit.

Baca Juga: Cerita Saksi Mata Tragedi Ricuh di Stadion Kanjuruhan

Sedikitnya 34 orang meninggal di stadion dan sebagian ada yang menghembuskan nafas terakhirnya ketika di ambulans saat masih dalam perjalanan, selebihnya lagi meninggal ketika sudah berada di rumah sakit.

Hal ini merupakan insiden “berdarah” terparah yang dialami Indonesia dalam satu tahun terakhir, terlebih banyak peraturan yang dilanggar dalam insiden itu. Belum ada konfirmasi apakah akan ada sanksi akibat pelanggaran ini atau tidak, termasuk jika ada, dalam bentuk apa sanksi itu.

Namun yang pasti banyak yang mengkhawatirkan Indonesia terancam batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

(Tom/Tajuk24)

Halaman:

Editor: Susanday Tom Jones

Tags

Terkini

Kini Kepercayaan Publik ke Polri Membaik

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:39 WIB
X