• Sabtu, 3 Desember 2022

Jokowi Cek Langsung Penanganan Korban Gempa di Cugenang, Cianjur

- Kamis, 24 November 2022 | 17:04 WIB
Jokow Widodo mengunjungi korban gempa bumi di Cugenang, Cianjur, ditemani menteri Sosial Risma (Kemensos)
Jokow Widodo mengunjungi korban gempa bumi di Cugenang, Cianjur, ditemani menteri Sosial Risma (Kemensos)

BANDUNG, Tajuk24.com. - Setelah selesai menerima vaksin booster kedua di Istana Kepresidenan Bogor pagi ini Kamis (24/11/2022) Presiden Joko Widodo segera meluncur ke Cianjur meninjau penanganan dampak gempa.

Usai mengunjungi beberapa lokasi terdampak gempa bumi, Presiden Joko Widodo meninjau langsung Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan tersebut diketahui merupakan titik pusat gempa yang melanda Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu.

"Ini adalah episentrumnya dan yang paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh yang paling banyak adalah di sini. Yang meninggal pun, yang banyak juga di sini," ujar Jokowi dalam keterangannya di Kampung Munjul, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang.

Baca Juga: Dampak Gempa Di Jawa Barat Dan Sumatera, Tsunami 34 Meter Berpotensi Terjang Indonesia!

Presiden menegaskan rehabilitasi bagi rumah-rumah yang mengalami kerusakan akan segera dilakukan pemerintah setelah proses evakuasi dan distribusi bantuan selesai dengan baik.

"Yang paling penting setelah nanti evakuasi ini selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan," tuturnya.

Kunjungan ini adalah yang kedua kalinya dilakukan oleh Bapak Presiden sejak gempa melanda Cianjur. Dalam kunjungan ini Presiden menegaskan akan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Terkait skema bantuan yang diberikan, Jokowi mengatakan pemerintah tidak akan terpaku pada satu skema. Pemerintah akan menyerahkan langsung kepada masyarakat untuk memilih skema mana yang dinilai dapat mempercepat proses rehabilitasi.

Baca Juga: Di Cirebon, Para Seniman Adakan Ngamen Bareng, Badut Tasikmalaya Aksi Galang Dana Gempa Cianjur

Pemulihan jalan yang tertutup longsoran, juga penanganan korban gempa bumi (biro setpres)

Halaman:

Editor: Gunawan Wibisono

Tags

Terkini

Kini Kepercayaan Publik ke Polri Membaik

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:39 WIB
X