• Sabtu, 3 Desember 2022

Abdi Dalem Keraton Jogja Ajarkan Tari Jawa di Universitas Wesleyan, Amerika Serikat

- Kamis, 24 November 2022 | 21:45 WIB
Abdi Dalem ajarkan tari jawa (foto.kraton jogja)
Abdi Dalem ajarkan tari jawa (foto.kraton jogja)

YOGYAKARTA, Tajuk24.com - Hampir dua bulan sudah, Nyi Mas Riya Murtiharini, Abdi Dalem Kridhamardawa menjadi pengajar tari Jawa di Universitas Wesleyan, Amerika Serikat.

Kesempatan yang dijalaninya tersebut merupakan implementasi dari kerja sama pertukaran budaya yang dilakukan Keraton Yogyakarta dengan Universitas Wesleyan per Agustus 2022.

Bu Ning, sapaan akrabnya menjadi pengajar 9 mahasiswa laki-laki di Universitas Wesleyan dengan didampingi satu asisten pengajar.

Sempat terdapat kendala dalam proses berkomunikasi, sehingga Bu Ning melibatkan diri menjadi volunteer di gereja dan supermarket.

Baca Juga: Niluh Djelantik Laporkan Akun Kimberly Rebeca ke Polisi, Dianggap Menghina Dirinya

Abdi Dalem ajarkan tari jawa (foto.kraton jogja)

Disekitar area tempat tinggalnya untuk meningkatkan pemahaman lintas budaya.
Melalui jalur formal, perempuan yang lembut dalam bertutur ini memperdalam kompetensinya di Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sedangkan di keraton, wanita yang memiliki nama Veronica Retnaningsih ini, mendapat Nama Paring Dalem Murtiharini, dan kini telah berpangkat Riya Bupati Anom.

Awalnya, ia diangkat menjadi Abdi Dalem Kaprajan pada th 2012, yaitu status Abdi Dalem yang diperuntukkan bagi ASN, karena waktu itu tengah bekerja di Dinas Kebudayaan DIY.

Halaman:

Editor: Gandung Kardiyono

Tags

Terkini

Kini Kepercayaan Publik ke Polri Membaik

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:39 WIB
X