Hindari Korupsi, Bantuan Gempa Cianjur Diawasi KPK!

- Kamis, 1 Desember 2022 | 07:17 WIB
(ist)
(ist)

JAKARTA, Tajuk24.com - Pendistribusian bantuan terhadap korban gempa Cianjur, Jawa Barat diawasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena pembagian bantuan tersebut dianggap rawan praktik tindak pidana korupsi.

Penjelasan itu disampaikan Cahya H Harefa, Ketua Korpri KPK saat memberikan donasi bantuan gempa di Cianjur. Ia menyebutkan KPK turut mengawasi agar pemberian bantuan itu tepat sasaran kepada seluruh korban.

"Memberikan perhatian terhadap pendistribusian donasi bagi para korban bencana secara keseluruhan, agar tepat sasaran dan tidak terjadi praktik-praktik tindak pidana korupsi," ujarnya dilansir dari Deticom, Kamis (1/12/2022).

Cahya mengungkapkan, KPK sempat menangani perkara tindak pidana korupsi dengan modus pengelolaan dana bantuan. Karena itu, kedatangannya ke Cianjur adalah merupakan bentuk pengawasan dan atensi dalam menyalurkan bantuan.

Baca Juga: Isi Kode Pos Yang Benar Ya. Ada Fitur Di TV Digital Yang Bisa Meminimalisir Bencana, Termasuk Gempa Bumi

"Dari histori penanganan perkara oleh KPK, pengelolaan dana bantuan kebencanaan menjadi salah satu modus tindak pidana korupsi para pihak yang menyalahgunakan kewenangannya," tegas Cahya.

"Kami tidak ingin hal ini terjadi, oleh karena itu KPK juga memberikan atensi dalam pendistribusian donasi bencana Cianjur ini," imbuhnya.

Dirinya memastikan, lewat Kedeputian Koordinasi Supervisi (Korsup) dan Kedeputian Pencegahan dan Monitoring, pihaknya bakal terus menerus mendampingi Pemerintah Daerah Cianjur. Baik dalam proses mitigasi maupun pencegahan risiko korupsi.

"KPK melalui Kedeputian Koordinasi Supervisi serta Kedeputian Pencegahan dan Monitoring, secara kontinyu akan melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah Cianjur untuk memitigasi dan mencegah terjadinya risiko korupsi tersebut," bebernya.

Baca Juga: Jakarta Utara Paling Terancam jika Ibu Kota Tenggelam?

Cahya yang mewakili KPK menyampaikan rasa belasungkawa terhadap korban gempa Cianjur, ia mengatakan terdapat sejumlah bantuan berupa uang tunai maupun barang yang sangat diperlukan para pengungsi.

"Mewakili insan KPK, kami menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam kepada para korban bencana. Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan donasi semoga bisa membantu para korban yang terdampak bencana ini," ucap Cahya.

Dari donasi yang diberikan tersebut merupakan penggalangan dari para insan KPK, yakni pimpinan, dewan pengawas, dan para pegawai.

Baca Juga: Lionel Messi, Meski Cuma Jalan-Jalan, Tetap Jadi 'Monster' Mematikan, Lihat Statistiknya!

Halaman:

Editor: Susanday Tom Jones

Tags

Terkini

X