• Selasa, 31 Januari 2023

Tidak hanya Untuk Berobat, 3 Rumah Sakit di Malang Ini Siap Beri Layanan Wisata Medis (Medical Tourism)

- Jumat, 2 Desember 2022 | 17:29 WIB
Rumah Sakit Lavalette Malang
Rumah Sakit Lavalette Malang

JAKARTA, Tajuk24.com – Tingginya angka pasien dari luar kota dan luar pulau yang datang berobat ke kota Malang membuat kota Malang menargetkan bisa menjadi layanan wisata medis atau Medical Tourism pada tahun 2023 mendatang.

Hal itu didukung oleh tiga rumah sakit yang menyatakan siap menyambut Malang sebagai kawasan wisata media. Tiga rumah sakit itu adalah Persada Hospital Malang, Rumah Sakit Lavalette, dan Rumah Sakit Hermina Malang, dilansir dari Kompas.com(3/12/2022)

Menurut Direktur Rumah Sakit Lavalette, dr Mariani Indahri, rumah sakit Lavalette ini sudah lama menerima pasien dari luar Malang, seperti Pasuruan, Tulungagung dan Probolinggo. Ini menjadi awal yang baik untuk menangkap peluang terwujudnya layanan wisata medis.

Seringkali pasien yang berobat dari luar kota ini datang bersama keluarganya tidak hanya untuk berobat di rumah sakit Lavalette, tetapi juga sekaligus untuk berwisata di kota Malang. 

Baca Juga: Kearifan Lokal dan Norma Sosial Sebagai Penegakan Sosial Perilaku Merokok

Maria menjelaskan banyak pasien yang datang berobat dan terapi di rumah sakit Lavalette, seperti kasus kanker dan hemodialisis (HD atau terapi cuci darah). Biasanya setelah check up, sambil menunggu hasilnya, pasien bisa berwisata dengan keluarganya. 

Layanan wisata medis atau medical tourism ini sudah biasa dilakukan di luar negeri dan kali ini akan di lakukan untuk berobat sambil berwisata di Malang dan Batu. Untuk mewujudkan layanan wisata medis ini Maria menambahkan perlu ada kolaborasi dengan pihak rumah sakit lainnya untuk memaksimalkan layanan.

Selain itu, kolaborasi juga penting dilakukan dengan pelaku industri pariwisata, seperti tempat penginapan dan tempat wisata.

"Ke depan sebenarnya harus kolaborasi dengan pelaku industri pariwisata, seperti travel agent untuk mempublikasikan terkait kebutuhan hal itu karena terkadang pasien tidak mengetahui mau berobat atau check up sekalian berwisata, mungkin harus disosialisasikan lebih lanjut supaya berkolaborasi," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Vinidyah Putri

Tags

Terkini

Stres Sampai 'Hilang Ingatan' karena Ditipu Wowon Cs

Senin, 30 Januari 2023 | 18:29 WIB
X