• Selasa, 31 Januari 2023

UMKM Sebagai Bantalan Selama Krisis. Apa Dampak Resesi Tahun Depan Bagi UMKM dan Bagaimana Menghadapinya?

- Jumat, 2 Desember 2022 | 19:50 WIB
Ilustrasi, suasana gerai UMKM
Ilustrasi, suasana gerai UMKM

JAKARTA, Tajuk24.com – Data Moneter International (IMF) memprediksi di tahun 2023 akan terjadi resesi global yang dialami oleh banyak negara. Dampak dari resesi, menyebabkan kenaikan harga barang dan mempengaruhi beberapa sektor produksi.

Salah satu sektor terbesar dalam perekonomian Indonesia adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM). Data pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia mengatakan UMKM memberikan kontribusi mencapai 60,5%. Dalam laporan Asian Development Bank (ADB), UMKM pada akhir 2018 berkontribusi sekitar 97% lapangan pekerjaan di masyarakat atau setara 117 juta pekerja yang ada.

Dalam konteks krisis, UMKM sudah teruji ketika terjadi krisis moneter tahun 1998 dan krisis keuangan global tahun 2008. Riset menunjukkan bahwa UMKM bisa menjadi peredam guncangan di tengah ketidakpastian, di tengah kondisi makro ekonomi yang buruk.

UMKM dapat melakukan ekspansi sesuai dengan kebutuhan permintaan masyarakat, memotong produksi ketika kondisi ekonomi semakin memburuk.

Baca Juga: Hadiri Mukerwil PAN Jateng, Ganjar Panen Dukungan: ‘Boleh dong Kader PDI-P Diapresiasi Partai Lain?’

Menurut Tjahjadi, Alexander Michael (2022), dilansir dari The Conversation, mengatakan dampak yang dirasakan oleh UMKM karena resesi sebagai berikut:

1. Kenaikan bahan baku impor yang berpengaruh terhadap biaya produksi sehari-hari. Kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika menyebabkan menurunnya nilai tukar rupiah. UMKM yang menggunakan bahan baku impor dapat tertekan biaya produksi akibat nilai tukar dolar terhadap rupiah menguat.

2. Kebijakan Bank Indonesia untuk menjaga inflasi dan mata uang dengan menaikkan suku bunga menambah beban biaya UMKM untuk mengambil kredit UMKM

Aturan ketenagakerjaan yang menyulitkan UMKM untuk berubah dari sektor informal ke sektor formal, diatur dalam UU No.20 tahun 2008 tentang kriteria UMKM.

Baca Juga: Menengok Pendopo Ambarrukmo Tempat Perhelatan Pernikahan Kaesang dan Erina.

Halaman:

Editor: Gunawan Wibisono

Tags

Terkini

Stres Sampai 'Hilang Ingatan' karena Ditipu Wowon Cs

Senin, 30 Januari 2023 | 18:29 WIB
X