Ada Siasat Ferdy Sambo dalam Pleidoinya agar Terhindar dari Dakwaan Pembunuhan Berencana

- Rabu, 25 Januari 2023 | 18:21 WIB
Ferdy Sambo (ist)
Ferdy Sambo (ist)

JAKARTA, Tajuk24.com - Dalam isi pleidoi atau nota pembelaannya, Ferdy Sambo terkesan mengatur siasat agar terhindar dari segala dakwaan dalam pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Penilaian tersebut terungkap dari pembelaan Sambo yang tetap bersikeras bahwa pembunuhan terhadap Yosua tidak terencana, pembelaan itu dianggap sebagai usaha Sambo agar bisa lepas dari dakwaan sebagai pembunuhan berencana.

Hal itu dikatakan pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar, menurutnya Sambo tetap berupaya mengelak dari dakwaan pembunuhan berencana terhadap Yosua. Sambo mengklaim bahwa pembunuhan terhadap Yosua tidak terencana.

Baca Juga: Oscar 2023, Hollywood ‘Dijajah’ Irlandia. Apa Sebabnya?

Ia menyebut klaim itu bertolak belakang dengan fakta ketika Ricky menolak perintahnya untuk menembak Yosua. Usai ditolak Ricky, Sambo disebut memanggil Richard Eliezer untuk membunuh Yosua dan Richard Eliezer pun menyanggupinya.

"Fakta bahwa ketika ajudan yang pertama (Ricky Rizal) menolak melakukan perintah karena tidak berani, kemudian Richard yang melakukan itu. Artinya ada waktu untuk berpikir jadi atau tidak menembak (Yosua)," ujar Abdul, dilansir dari Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

"Tapi tetap, perintah tembak itu dilaksanakan. Itu berarti penembakan direncanakan," jelasnya.

Abdul menjelaskan, setelah mendapat penolakan dari Ricky, Sambo mempunyai jeda waktu untuk berpikir membatalkan perintah penembakan itu. Adanya jeda waktu itu memperlihatkan terdapat faktor perencanaan yang dilakukan Sambo.

Baca Juga: Bila Divonis Mati, Sambo akan Bongkar Skandal Perwira Polri!

"Berapa pun waktu jeda, itu menunjukan ada perencanaan melakukan tindak pidana pembunuhan dengan cara menembak," tegas Abdul.

(Tom/Tajuk24)

Sumber: Kompas

Baca Juga: Kadishub DKI: Ojol Kena ERP karena Yang Dikecualikan Hanya Pelat Kuning

Baca Juga: Jadi Warga Kehormatan Marinir, Kapolri: Kebanggaan Bagi Saya dan Polri!

Halaman:

Editor: Susanday Tom Jones

Tags

Terkini

X