Budayawan Robby Hidajat lakukan penelitian Tari Kecak Ramayana di Bali

- Kamis, 25 Mei 2023 | 18:27 WIB
Robby Hidajat dan tim peneliti di Bali (foto.ist)
Robby Hidajat dan tim peneliti di Bali (foto.ist)

MALANG, Tajuk24.com - Budayawan dan pengajar di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur Dr.Robby Hidajat, M.Sn bersama tim, melakukan penelitian Tari Kecak Ramayana di Bali.

Mereka melakukan perjalanan ke Bali pada tanggal 18-21 Mei 2023 untuk mengumpulkan data tentang karakteristik kepahlawanan dalam seni pertunjukan Kecak Ramayana.

Sedangkan topik yang mereka kaji adalah adaptasi kreatif dari karakteristik tokoh kepahlawanan, yang terinspirasi oleh Kecak Ramayana sebagai tarian persembahan yang mencerminkan ciri khas Nusantara.

Baca Juga: Sekar Mirah melempar kayu pada Swandaru yang menggoda

Tim peneliti tersebut dipimpin Dr.Robby Hidajat, M.Sn., didampingi anggota Dr.Joko Suyono, M.Pd., Dr.Pujiyanto, M.Sn., Muhammad Affaf Hasiymy, M.Pd. sebagai alumni.

Juga dibantu dua orang mahasiswa nya Allfa Andranica Devya Aprilyawati dan Adinda Nur Ramadhani Haris.

Robby Hidajat dan tim peneliti (foto.ist)
Robby Hidajat dan tim peneliti (foto.ist)

Robby Hidajat menjelaskan bahwa, dalam kegiatan ini melibatkan seorang peneliti negara sahabat, Dr.Syamsul Hirdi Bin Muhid dari Universiti Utara Malaysia.

"Tujuan menggandeng peneliti dari negara serumpun ini, agar hasil penelitian dapat digunakan secara luas di lingkungan perguruan tinggi masing-masing," jelasnya.

Baca Juga: Hudaya Merasa Ngeri dengan Senjata Tongkat Baja Putih milik Tohpati

Dihari pertama tim peneliti mengunjungi rumah Wayang dan Topeng Setia Darma untuk mengamati bentuk wayang kulit Bali yang mementaskan cerita Ramayana.

Di tempat ini, mereka menemukan berbagai jenis wayang dan topeng yang memvisualisasikan karakter tokoh-tokoh Ramayana.

"Kami melihat perbedaan yang signifikan antara wayang Bali dengan wayang Jawa, terutama dalam hal ukuran yang lebih pendek dan gemuk.

Bentuk wayang Bali ini mengingatkan pada ukiran relief di candi-candi pada masa kerajaan Kediri hingga Majapahit," ujar Robby Hidajat.

Halaman:

Editor: Gandung Kardiyono

Tags

Terkini

X