• Selasa, 31 Januari 2023

Mengapa Ada Istilah Football Dan Soccer? Mana Yang Lebih Tepat ?

- Minggu, 27 November 2022 | 20:56 WIB
Soccer atau Foot Ball? (Foto:Britannica)
Soccer atau Foot Ball? (Foto:Britannica)

JAKARTA, Tajuk24.com - Sepak bola punya dua istilah dalam bahasa Inggris, yaitu football dan soccer. Istilah soccer digunakan secara khusus oleh masyarakat Amerika Serikat (AS), walaupun istilah itu diciptakan di Inggris. Masyarakat Inggris, mayoritas penduduk dunia, dan juga FIFA lebih lazim memakai football. Mengapa demikian?

Hal ini dijelaskan dalam jurnal ilmiah Mei 2014 berjudul "It's Football not Soccer" karya Prof Stefan Szymanski. Ia menyebut istilah soccer awalnya dipakai di Inggris sekitar 200 tahun yang lalu.

Kata football sendiri pertama kali ditemukan secara tertulis pada 1486, meskipun sebenarnya sudah dimainkan sejak 1175 menurut William Fitzstephen. Peraturan sepak bola yang pertama di tulis oleh Universitas Cambridge pada tahun 1848.

Sedangkan Federasi Sepak Bola Inggris, yaitu Football Association (FA) baru terbentuk pada tahun 1863 dan federasi inilah yang mulai menyebarluaskan aturan permainan yang dibuat oleh Universitas Cambridge ini ke seluruh penjuru negeri.

Aturan yang sudah menyebar ini menimbulkan beberapa konflik terkait masih adanya permainan sepak bola yang menggunakan tangan yang juga ramai dimainkan dan dikenal dengan sebutan "rugby football". Padahal sesuai aturan Cambridge, disebutkan penggunaan tangan selain oleh kiper adalah suatu pelanggaran. Akhirnya yang memainkan sepak bola dengan tangan ini diasosiasikan dengan aturan dari "Rugby School". Baru pada tahun 1971 pecinta sepak bola tangan sepakat mendirikan Rugby Football Union.

Baca Juga: Laga antara Argentina Versus Meksiko Catat Jumlah Penonton Tertinggi dalam 28 Tahun Terakhir

Rugby Football Dan Association Football Di Inggris

Maka di masa itu di Inggris ada dua asosiasi yang namanya mengandung kata football yaitu Rugby Football Association dan Football Association. Permainan football pun ada dua jenis yaitu Rugby Football (sepak bola Rugby) dan Association Football (sepak bola asosiasi).

Nama-nama yang panjang ini mau tidak mau dipersingkat. Prof Stefan Szymanski berkata saat itu di Inggris ada kebiasaan untuk menyingkat kata pertama dan menjadikannya menjadi frase baru.

Halaman:

Editor: Shirley

Tags

Terkini

Peta Taman Makam Pahlawan Jepang di Bawah Laut

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:36 WIB

Hoax yang Membawa Keberuntungan

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:10 WIB

Upacara Siraman Adat Jawa Yang Penuh Simbol Dan Makna

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:25 WIB

KIDO BUTAI (2): Persaingan 2 Admiral!

Senin, 5 Desember 2022 | 15:07 WIB
X