Oppenheimer, Film Baru Karya Chris Nolen Bertutur Tentang Pembuatan Bom Atom

- Senin, 19 Desember 2022 | 21:15 WIB
Poster Oppenheimer (ist)
Poster Oppenheimer (ist)

JAKARTA, Tajuk24.com - Dari banyaknya film baru yang akan rilis di tahun 2023, bagi peminat film dengan latar balakang sejarah, film Oppenheimer ini layak ditunggu.

Film ini berkisah tentang awal mula dibuatnya senjata pamungkas paling mematikan yang kita kenal dengan Bom Atom dimana dua diantaranya pernah diledakkan di kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agusuts 1945), kedua di Jepang, yang mengakhiri perang dunia kedua.

Universal Pictures, yang mengedarkannya ke seluruh dunia baru saja merilis trailer filmnya.

Oppenheimer merupakan besutan dari sutradara terkenal asal Inggris Christopher Nolan (Dunkirk  2017) yang naskahnya ia tulis sendiri berdasarkan adaptasi dari buku berjudul ‘American Promotheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer’.

Baca Juga: Jokowi: Waspada Ancaman Resesi Global 2023, Indonesia Masih Miliki Peluang

Buku karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin tersebut adalah biografi dari sosok ahli fisika J. Robert Oppenheimer, sosok ilmuwan yang dipercaya presiden AS saat itu Franklin Delano Roosevelt (FDR) untuk memimpin riset dan menciptakan senjata pamungkas yang sangat dahsyat, yang menggunakan reaksi berantai uranium sebagai bahan peledaknya.

Buku yang digunakan Nolan ini pernah menyabet Penghargaan Pulitzer, penghargaan paling bergengsi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat. Pemeran utama Oppenheimer diperankan oleh aktor Cillian Murphy.

Pada cuplikan trailer yang diunggah pada Senin (19/12/2022) dibuka dengan monolog Cillian Murphy sebagai Oppenheimer yang berangan-angan tentang masa depan yang dapat membuat semua orang ketakutan.

Baca Juga: RM Bagikan Pesan Perpisahan Dengan Jin BTS Sebelum Masuk Wamil

“Mereka tidak akan merasakan (ketakutan) hingga mereka memahaminya. Dan mereka tidak akan memahaminya sampai mereka menggunakannya,” ujar monolog Cillian Murphy dalam video.

Video trailer berdurasi 2 menit tersebut menampilkan usaha Oppenheimer untuk menciptakan rumus dengan serangkaian senjata yang digunakannya dalam membuat Bom Atom.

“Saya tidak tahu apakah kita dapat mempercayai senjata ini. Tapi kita tak punya pilihan lain,” imbuhnya.

Pada trailer tersebut penonton juga dapat melihat prosesi hitung mundur saat Bom Atom diledakkan dengan tampilan visual dramatis yang mewarnainya.

Baca Juga: Menyorot Prestasi Messi Dibanding Pele, R9, Cruijff dan Bahkan Cristiano Ronaldo

Proyek super rahasia saat itu dimana bahan uraniumnya dibawa nyicil dari Afrika kemudian dirangkai di sekitar 12 lokasi yang terebar di Amerika dan Kanada untuk menghindari penciuman spionase Sovyet, dinamakan proyek Manhattan.

Halaman:

Editor: Gunawan Wibisono

Tags

Terkini

Asal Mula Babi Ngepet Dibongkar Peneliti Singapura

Selasa, 28 Februari 2023 | 22:22 WIB

Peta Taman Makam Pahlawan Jepang di Bawah Laut

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:36 WIB

Hoax yang Membawa Keberuntungan

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:10 WIB

Upacara Siraman Adat Jawa Yang Penuh Simbol Dan Makna

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:25 WIB
X